Widyaiswara

Profesi sebagai seorang Widyaiswara memegang peranan kunci dalam pengembangan Sumberdaya Manusia, terutama untuk kalangan Pegawai Negeri Sipil. Definisi jabatan fungsional Widyaiswara menurut peraturan menteri negara Pendayagunaan Aparatur Negara No. 14 tahun 2009 adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab dan wewenang mendidik, mengajar dan/atau melatih Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Lembaga Diklat Pemerintah.

Widyaiswara secara harfiah artinya adalah pembawa kebenaran (atau suara yang baik, dari kata widya=baik, dan iswara=suara), sehingga diharapkan para widyaiswara dapat menjadi suara kebenaran bagi para PNS…..mengajarkan nilai-nilai luhur yang harus dimiliki seorang PNS….agar menjadi PNS yang profesional, jujur, berakhlak mulia…… mau melayani masyarakat tanpa pamrih.

Filosofi profesi Widyaiswara yang sangat mulia ini tentu menuntut kita untuk terus menerus belajar memperbaiki diri agar dapat mengajarkan dan terutama memberikan teladan bagi PNS agar memiliki integritas yang baik yang pada akhirnya akan membawa negeri ini menjadi lebih baik.

 

This entry was posted in Widyaiswara. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s